JEMBER KREASINDONEWS.COM – Selama tujuh bulan terakhir, Pemkab Jember melalui Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) telah menerbitkan 4.313 berbagai perizinan. Saat ini, PTSP masih memproses dan mempercepat penyelesaian pengajuan izin lainnya sekitar 1.500.

Hal ini terungkap saat Bupati Jember dr Hj Faida MMR mengundang sarapan pagi sekitar 500 pelaku usaha dan pemohon izin.

“Pembangunan di Jember bagaimanapun harus tetap berjalan, meski kita belum punya Rencana Dasar Tata Ruang Kota (RDTK), untuk IMB sudah bisa kita buat sesuai hasil konsultasi dengan Pemprov Jatim dan sudah ada jawaban tertulis serta ada kepastian hukum bagi pemohon izin,” terang Bupati Jember Faida.

Dia menambahkan, pengajuan perizinan untuk IMB beberapa sudah diterbitkan dan ada pula yang masih proses setelah ada survei dan kajian tim teknis. Selanjutnya juga ada retribusinya sesuai aturan, dan bukti bayar ditunjukkan ke Dinas Pelayanan Satu Pintu Pemkab Jember untuk mengambil surat IMB.

“Kita undang pemohon juga untuk memastikan sosialisasi ini sampai langsung ke pengurus IMB. Jadi pemohon tidak perlu lagi lewat perantara dan tidak ada informasi proses perizinan yang salah,” ujarnya. Dia juga menambahkan, sosialisasi itu juga agar masyarakat tahu bahwa untuk mengurus perizinan tidak perlu sampai ke dinas teknis, namun cukup ke Dinas PTSP.

“Sejatinya Bupati dan Wabup dalam hal perizinan ingin melayano masyarakat sesuai dengan prinsip 3B, ini juga pembangunan di Jember tetap berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu,) Kepala Dinas PTSP M Syafii menyampaikan, untuk perizinan seperti SIUP maupun Tanda Daftar Perusahaan akan dilayani secara gratis. Jika berkas persyaratan lengkap maka akan diproses cepat setidaknya tujuh hari kerja. Berdasarkan data Dinas PTSP, dari bulan Februari hingga Oktober 2017 saat ini sudah menyelesaikan sekitar 4.313 berbagai surat perizinan.(ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here