Bupati Jember dr Hj Faida serahkan beasiswa kuliah bagi warga miskin

KREASINDONEWS- Menepati janji. Itulah yang dilakukan Bupati Jember dr Faida MMR yang kembali membagikan sekitar 750 beasiswa bagi mahasiswa miskin dan berprestasi. Bahkan, ada beberapa anak tukang becak yang juga mendapatkan beasiswa kuliah sesuai janji Bupati Faida saat digelar Kongres Tukang Becak waktu lalu.

Penerima beasiswa tersebut juga diberi tugas khusus oleh Bupati Faida yakni mendata 25 keluarga yatim piatu di lingkungan sekitar domisili mahasiswa tersebut. Selanjutnya data yang mencakup kondisi keluarga, kondisi ekonomi maupun kondisi kesehatan itu dilaporkan pada call center untuk ditindaklanjuti oleh Pemkab Jember dalam bentuk realisasi program pengentasan kemiskinan.

Realisasi program beasiswa bagi mahasiswa miskin dan berprestasi itu diserahkan di Aula Sudirman Pemkab Jember. “Kita akan komunikasi lewat Sms, WA maupun email. Datangi rumahnya, foto, anaknya disekolahkan dimana, anaknya sekolah gratis apa tidak, penerima KIP/KIS apa tidak, dirumahnya ada yang sakit atau tidak, ada yang lansia atau tidak. Kita ingin mereka menjadi generasi yang peduli,” kata Bupati Faida.

Dia menuturkan, penerima beasiswa harus menjadi pribadi yang wajib bersyukur, memiliki hati mulia dan peduli dengan warga sekitar yang tidak mampu. “Oleh karenanya, bantu juga orang lain agar memudahkan urusan kalian,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu ternyata juga ada penerima yang mampu dan bersedia mendata lebih dari 25 warga yatim piatu. “Saya salut kalian yang mau peduli dengan lingkunhan sekitar. Jadi, kalian ini adalah aset Pemkab Jember, diharapkan punya kepedulian sosial yang tinggi dan kepekaan hati yang tidak tumpul,” tandas Bupati Faida.

Berdasarkan data penerima beasiswa, terdapat mahasiswa S1, D3, dan D4, dari Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah, IAIN Jember, Akbid, Polije, maupun Universitas Terbuka. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa dari kalangan keluarga miskin, yatim piatu maupun anak-anak dari tukang becak. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here