Kreasindonews.com – Bupati Jember dr Hj Faida memerintahkan kepada kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) agar benar-benar memperhatikan penyerapan anggaran.

Setelah persetujuan PAPBD 2017, kata Faida, serapan anggaran  di tiap dinas harus dimaksimalkan. Serapan anggaran diharapkan bisa lebih tinggi dari sisa anggaran akhir tahun lalu.

“Saya kira kegiatan sudah berjalan normal, namun secara administratif saja belum terselesaikan. Dan itu tidak benar kalau ada Kepala dinas Plt atau Plh yang menghambat penyerapan anggaran,” tegasnya.

Faida menyampaikan, tidak mudah mencari dan mengisi pejabat yang benar-benar memiliki komitmen tegak lurus. “Untuk mengisi kekosongan pejabat yang ada, itu perlu waktu untuk mengisi,” kata Bupati Faida.

Dia menambahkan, pihaknya juga menghormati sesuai undang-undang kalau ada pejabat yang akan pensiun, cuti besar, dan kalau tidak sanggup mengundurkan diri. Pensiun dini juga hak pejabat yang bersangkutan. Begitu pula soal adanya pejabat yang Plt ataupun Plh, tidak jadi persoalan. “Mendagri telah menyampaikan apabila memang diperlukan, pejabat Plt sampai 5 tahun juga tidak masalah,” ujarnya.

Hal tersebut, kata Faida, telah ditegaskan Mendagri saat mengumpulkan kepala daerah di gedung Grahadi Jatim. Jadi target serapan anggaran untuk PAPBD 2017, lanjut Faida, yang jelas tidak boleh lebih rendah dari tahun anggaran sebelumnya. “Ya, harus lebih dari 80 persen serapannya,” tandasnya. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here