Kreasindonews.com – Jenderal (Purn) Muldoko mendatangi tempat wisata Dira Park Ambulu untuk bertemu dengan ratusan petani sekitar pukul 14.00, Rabu kemarin (27/9/2017). Di hadapan petani, Muldoko mengenalkan  bibit unggul bernama M400 yang tahan terhadap serangan hama. Sebelumnya, Muldoko sempat makan siang bersama H Ponimin, Pemilik Dira Park Jember dikediamannya didampingi Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Robertus Ardha, H Jumantoro Ketua HKTI Jember, serta undangan lainnya.

Selanjutnya Muldoko menuju aula Dira Park Ambulu Jember untuk bertemu dengan 350 petani dari wilayah Kabupaten Jember. Kedatangan Jenderal Purn Muldoko ini sempat disambut tepuk tangan yang meriah oleh para petani.

Pada kesempatan tersebut, Jenderal Purn Muldoko yang mendapat julukan baru sebagai Panglima Tani Nusantara menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi petani ada 5 item. Meliputi, kondisi tanah yang sudah mengeras karena unsur haranya sudah menipis, modal pertanian, kondisi panen petani, harga padi, serta distribusi bantuan pupuk.

Untuk itulah, Muldoko mengajak petani untuk bertani secara moderen. “Untuk itu saya menciptakan benih dan pupuk yang dapat memakmurkan petani, tetapi melalui model pertanian moderen. Kita akan lakukan pendampingan melalui coorporate, sehingga petani dapat terjamin keberhasilannya. Sehingga kalau coorporate dapat berjalan dengan baik maka petani akan makmur sejahtera,” ujarnya.

Dijelaskan, benih unggul yang dibawa adalah M400 yang tahan terhadap hama penyakit karena dalam penelitiannya sudah dilakukan ujicoba dan diawasi perkembangannya dengan teliti dan sudah dilakukan ujicoba di lahan petani di Kabupaten Jombang. “Tanamam lainnya diserang oleh hama, sedangkan M400 tahan dan tidak terserang hama,’ paparnya. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here