JEMBER KREASINDONEWS.COM – Bupati Jember dr Hj Faida MMR memberikan penjelasan terkait insiden bentrokan antara supporter Bonek dengan salah satu perguruan silat yang terjadi di beberapa tempat diantaranya, wilayah Ambulu, Balung, Rambipuji pada pertandingan sepak bola Persebaya melawan Semeru FC Lumajang.

Ini sekaligus menjawab pertanyaan Fraksi Gerindra, FraksiPartai NASDEM, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Hanura Demokrat di gedung DPRD Jember.

Bupati Faida dalam rapat paripurna jawaban bupati atas pandangan umum fraksi menjelaskan bahwa kejadian tersebut patut menjadi keprihatinan bersama. Bupati Faida juga sempat mengapresiasi kinerja Polres Jember dalam menciptakan suasana yang kondusif sebelum, selama, dan sesudah pertandingan.

“Perlu kami informasikan bahwa pertimbangan memberikan izin kepada panitia pelaksana pertandingan sepak bola antara lain, komitmen panitia untuk bertanggungjawab terhadap segala kemungkinan yang terjadi termasuk kerusakan stadion dan mengkoordinasikan pengamanan dengan pihak Polres Jember,” ujarnya.

Pertimbangan lainnya,,kata Faida, dalam rangka mengoptimalkan fungsi JSG sebagai stadion berskala regional, nasional, dan internasional. “Terkait dengan beberapa kerusakan di stadion JSG, hari ini kami memanggil panitia pelaksana untuk meminta pertanggungjawaban,” paparnya.

Tidak hanya itu, Bupati Faida juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Jember dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja bersama jajaran pengamanan lainnya (TNI dan POLRI) telah melakukan pengamanan mulai dari penjemputan suporter dari Stadion Notohadinegoro sebagai titik kumpul suporter Persebaya hingga mengantar dan mengawal suporter Persebaya kembali ke Surabaya.

“Kami mengerahkan 7 unit truk, 3 unit bus, dan 33 unit pick up untuk mendukung mobilisasi suporter. Akhirnya pada kesempatan ini kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelesaian masalah tersebut,” ujarnya. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here