Bupati Jember dr Hj Faida MMR paparan sinergi Pemkab dengan TNI di depan seluruh Komandan Kodim se-Indonesia.

BANDUNG KREASINDONEWS – Luar biasa. Inilah yang terlihat dari kiprah Bupati Jember dr Hj Faida MMR. Seakan tidak kenal lelah, terus berjuang dan bersinergi dengan segala pihak, demi Jember lebih baik. Ini pula yang terlihat saat Bupati Faida diminta mempresentasikan sinergi yang telah dibangun Jember dengan TNI selama ini.

Bupati Faida sebagai satu-satunya bupati di Indonesia yang diundang khusus bicara soal sinergi TNI dengan pemerintah daerah dalam Apel Danrem Dandim Terpusat Tahun 2017 di Markas Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) Bandung, 27-30 November 2017.

Berkat sinergi yang dibangun antara pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Jember dr Hj Faida dengan TNI inilah, yang akhirnya menjadi salah satu point penting, sehingga Kodim 0824 Jember di bawah komando Letkol Inf Rudianto, meraih juara pertama dan mendapatkan penghargaan nasional piala Adi Manunggal Bhakti.

Bupati Faida juga sempat memaparkan bagaimana kegigihan TNI dalam membantu masyarakat miskin dalam aksi operasi gratis. “Para anggota TNI dan babinsa turun langsung mendata, mengantar, hingga mendampingi pasien yang hendak menjalani operasi gratis hingga selesai operasi,” ujar Bupati Faida.

Tidak main-main, jumlah pasien yang didampingi TNI hingga mencapai ribuan. “TNI benar-benar hadir di tengah masyarakat,” papar Faida. Tidak hanya itu saja, sinergi dalam proses percepatan pembangunan dengan pemerintah daerah juga sempat disampaikan Bupati Faida.

“Sinergi persoalan kemauan bukan kesempatan. Sepanjang ada kemauan ada 1000 cara bersinergi. Jika tidak ada kemauan, ada 1001 alasan untuk tidak bersinergi,” ujarnya.

Untuk diketahui, penghargaan nasional piala Adi Manunggal Bhakti yang diterima Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, menjadi kado berharga dan terindah baginya.

“Ini salah satu kado ultah terindah dari Jember untuk saya,” ujar Rudianto yang saat penerimaan piala memang sedang berulang tahun.

Penghargaan nasional ini diterima Dandim Rudianto ini bertepatan dengan Apel Danrem Dandim Terpusat Tahun 2017 di Markas Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) Bandung, 27-30 November 2017.

Piala Adi Manunggal Bhakti ini diterima Kodim 0824 Jember setelah penantian panjang dari hasil penilaian Lomba Pembinaan Teritorial Tingkat Kodim Utama XX Tahun 2017. Lomba tersebut dilaksanakan setiap 2 tahun sekali oleh Markas Besar Angkatan Darat. Sebagai panitianya Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

“Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, Kodim 0824 Jember menjadi Juara Lomba Binter Kodim Tingkat Utama 2016/2017 Bidang Bhakti TNI, sehingga kami mendapat Piala Adi Manunggal Bhakti Utama,” ujar Dandim Rudianto.

Dalam lomba tersebut diberikan penilaian pada 2 kategori, Tingkat Kodim Madya dan Tingkat Kodim Utama.
Kodim 0824 Jember pada lomba tahun 2017 ini dipercaya mewakili Kodam V Brawijaya untuk mengikuti Lomba Binter Tingkat Kodim Utama pada Lomba Pembinaan Teritorial Tingkat Kodim Utama XX Tahun 2017.

Dandim Rudianto menerima kabar dapat penghargaan setelah menerima berita telepon. Memang peluang mendapat penghargaan sudah diprediksi jauh-jauh hari. Ini setelah dilakukan penilaian oleh Tim Penilai dari Pusat Teritori Angkatan Darat yang beberapa kali hadir di Jember.

Ada beberapa tahapan penilaian yang dilaksanakan. Pada tanggal 20-21 April 2017, tim penilai turun ke Jember diketuai Tim Kolonel Inf Sugiono. Saat itu, Kodim 0824 Jember masih dinyatakan masuk 13 besar nominator juara Lomba Binter Tingkat Kodim Utama XX Tahun 2017.

Selanjutnya tim turun lagi pada tanggal 12-14 September 2017. Tim Penilai turun lagi yang diketuai Brigjen TNI Joko Warsito. Saat itu, Kodim 0824 Jember dinyatakan masuk 4 besar nominator Kodim Utama Terbaik Nasional. Bahkan, beberapa waktu lalu juga sempat bertemu dengan Bupati Jember dr Hj Faida MMR yang menjelaskan soal sinergi yang sudah dilakukan antara Pemkab Jember dengan Kodim 0824 Jember.
Dari berbagai penilaian tersebut, Senin (27/11/2017), Dandim 0824 Jember Rudianto menerima piala dan piagam penghargaan. Kodim 0824 Jember dinobatkan sebagai Kodim Terbaik Bidang Bakti TNI Tingkat Nasional dan menerima Piala dan Piagam Adi Manunggal Utama Bidang Bakti TNI dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Selaku Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, Komando Atas, Bupati Jember dr Hj Faida MMR, serta para pejabat Dandim 0824 terdahulu. Termasuk ucapan terima kasih kepada anggota serta semua elemen masyarakat yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun materiil, sehingga Kodim 0824 Jember mampu meraih penghargaan ini.

“Kemenangan dan penghargaan ini bukan milik Kodim 0824 Jember semata, namun milik kita semua dan masyarakat Jember. Semoga dengan penghargaan ini lebih memotivasi pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik indonesia,” ujar Dandim Jember Letkol Inf Rudianto. (ksn)

Bupati Jember dr Hj Faida MMR paparan sinergi Pemkab dengan TNI di depan seluruh Komandan Kodim se-Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here