JEMBER KREASINDONEWS.COM – Bupati Jember dr Hj Faida MMR angkat bicara terkait pertanyaan Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yabg ditanyakan saay penyampaian pandangan fraksi tentang proses pembahasan perubahan APBD.

Menurut Bupati Faida, sebenarnya antara eksekutif dan legislatif memiliki semangat yang sama untuk mempercepat proses pembahasan dan penetapan P-APBD 2017.

“Adapun dinamika yang muncul di dalamnya adalah bagian dari proses yang harus dilalui untuk mencapai suatu hasil yang sama-sama diharapkan untuk kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

Selanjutya, kata Faida, sangat diharapkan bersama agar sinergitas, keharmonisan untuk dapat terus ditingkatkan demi pembangunan Kabupaten Jember yang semakin berkualitas.

Menjawab pertanyaan mengenai keterlambatan penyerahan KUPA/PPAS Perubahan Tahun 2017 dan pembahasan KUPA/PPAS Perubahan Tahun 2017 yang ditanyakan oleh Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, dan Fraksi Hanura Demokrat, Faida menegaskan, penyampaian KUPA/PPAS Perubahan APBD Tahun 2017 telah disampaikan pada tanggal 21 Agustus 2017 masih sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Permendagri Nomor 31 Tahun 2016 tentang pedoman penyusunan APBD Tahun 2017.

Berkaitan dengan beberapa hal yang berkembang dalam pembahasan rancangan KUPA dan PPAS Perubahan APBD 2017 sebagaimana disampaikan oleh Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi Amanat Pembangunan, Faida menjelaskan, berdasarkan Permendagri 13 Tahun 2006 pada Pasal 5 ayat (1) dan (2) dijelaskan bahwa, Kepala daerah selaku kepala pemerintah daerah adalah pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah dan mewakili pemerintah daerah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah mempunyai kewenangan antara lain menetapkan kebijakan tentang pelaksanaan APBD.

Oleh karena itu, lanjut Faida, Bupati selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah mempunyai kewenangan penuh untuk menyusun prioritas program dan kegiatan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here