Kreasindonews.com – Bagaimana tidak berbahagia, sudah SK CPNS diserahkan langsung Bupati Jember dr Hj Faida MMR secara langsung tanpa adanya pungli, selanjutnya mereka akan mendapatkan rapelan gaji. Ini pula yang dirasakan 40 CPNS THL-LB (Tenaga Harian Lepas –Tenaga Bantu) Penyuluh Pertanian Pemkab Jember tahun 2017 yang SK CPNS-nya diserahkan Bupati Faida pagi tadi (27/9/2017) di Pendapa Jember.
“Saya sudah memerintahkan kepala dinas untuk membayar rapelan gaji para CPNS tersebut,” ujar Faida, bupati lulusan cumlaude pasca sarjana UGM ini. Ini mengingat, kata Faida, berdasarkan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) terhitung sejak tanggal 1 Juni 2017 akan dibayarkan gajinya terhitung mulai tanggal 1 Juli 2017. “Tadi pagi, pengurusan rekening gaji juga langsung dilayani oleh Bank Jatim,’ tegasnya.
Bupati Faida menambahkan, khusus Kabupaten Jember, berdasarkan data hasil analisa kebutuhan tenaga penyuluh pertanian sampai tahun 2019 mendatang terdapat kebutuhan sebanyak 246 Tenaga Penyuluh Pertanian. Sementara penyuluh pertanian di Kabupaten Jember saat ini total masih 228 orang. Terdiri dari 110 Penyuluh PNS, 40 Penyuluh CPNS, dan 78 Penyuluh dari THL-LB. Berdasarkan tingkat umur THL-TB pertanian Jember sebanyak 39 orang usianya masih dibawah 35 tahun, sedangkan 78 orang umurnya di atas 35 tahun.
Dijelaskan, kebijakan pemerintah pusat, untuk THL-TB penyuluh pertanian usia di bawah 35 tahun diangkat menjadi CPNS. Sementara THL-TB yang usianya di atas 35 tahun, diupayakan diangkat menjadi PPPk.
Dalam proses pengusulan penetapan NIP ke BKN diperlukan adanya konfirmasi tertulis dari Kementerian PAN dan RB serta Kementerian Pertanian terkait tambahan satu orang formasi CPNS dari THL-LB penyukuh pertanian dari Kota Surabaya. Ini dikarenakan THL-LB penyuluh pertanian tersebut sebelumnya tidak termasuk di data base THL-LB di Kabupaten Jember.
Dari hasil konfirmasi tertulis yang telah dilakukan, jumlah formasi THL-LB Penyuluh Pertanian untuk pemerintah Kabupaten jember yang semula berjumlah 39 orang menjadi 40 orang. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here