JEMBER KREASINDONEWS.COM – Fraksi PDIP dan Fraksi Partai Gerindra DPRD Jember saat menyampakian Pandangan Umum Fraksi di gedung dewan sempat menanyakan terkait anggaran untuk pembinaan kampung industri. Lantas bagaimana tanggapan bupati terkait hal tersebut?

“Dapat saya sampaikan bahwa dalam rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017 telah dianggarkan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp.4,35 milyar,” ujar dr Hj Faida MMR, Bupati Jember.

Dijelaskan, pembentukan/Pembinaan Kampung Industri dilaksanakan melalui Progam Pengembangan Industri Kecil dan Menengah.Tujuannya, kata Faida, untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui kegiatan produktif yang dikerjakan dirumah terutama oleh kaum perempuan, dengan tidak mengurangi kewajiban kerumahtanggaannya.

“Selain itu untuk mencegah secara dini dampak kemiskinan seperti gizi buruk, women trafficking, child labor, buruh migran dan urbanisasi dan pembangunan ekonomi berfokus Industri Rumahan (home industry) atau sentra industri kecil menengah,” paparnya.

Tujuan lainnya, kata Faida, untuk meningkatkan kesempatan berusaha, penyerapan tenaga kerja, kesejahteraan masyarakat. Sekaligus untuk penumbuhan wirausahawan baru atau peningkatan tipologi IKM. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here