JEMBER KREASINDONEWS – Tidak banyak orang tahu apa saja pelanggaran cukai yang bisa kena sangai pidana. Maka dari itulah, Dinas Perinduastrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Jember menyosialisasikan Undang -Undang Nomor 39 Tahun 2007 Tentang Cukai .

Menuru Kepala Disperindag Pemkab Jember Anas Makruf, ada beberpa bentuk yang sering terjadi. Antara lain, ditemukan adanya rokok pita cukai palsu, rokok pita cukai berbeda, rokok pita cukai bekas, serta rokok polos atau rokok tanpa pita cukai.

“Pelanggaran atas kategori tersebut akan dikenakan hukuman penjara dan denda,” ujarnya. Jika masyarakat mengetahui terjadinya pelanggaran cukai rokok, kata Anas, bisa melaporkan ke Kantor Bea Cukai atau Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Jember terdekat. “Atau bisa menghubungi ke nomor telepon 1500 225,” tegasnya.

Selain itu, pelaku usaha yang melakukan perdagangan atau jual beli rokok ilegal, dapat dikenakan sanksi pidana dan administrasi sesuai dengan Undang-undang Cukai nomor 39 Tahun 2007. (ksn)

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here