Kreasindonews.com – Bupati Jember dr Hj Faida MMR mendapatkan penghargaan khusus dari DPP PDIP terkait komitmen pengembangan pariwisata yang dilakukan bupati perempuan pertama di Jember tersebut. Bupati Faida dipandang sebagai kepala yang gencar mempromosikan berbagai pariwisata dan kuliner yang ada di daerah.

Selain Bupati Faida, ada beberapa kepala daerah yang juga mendapatkan  penghargaan. Hadir dalama acara tersebut Menteri Pariwisata dan anggota DPR RI serta beberapa kepala daerah.

Menariknya dalam acara tersebut juga dilakukan rapat koordinasi terkait pengembangan Pariwisata.

Menariknya lagi, penghargaan Bupati Faida dari DPP PDIP ini diberikan Sekjen DPP Hasto Kristianto mewakili Ketua Umum Megawati yang berhalangan hadir. Bupati Jember dr Hj Faida, MMR merupakan satu-satunya bupati perempuan dari enam kepala daerah yang juga menerima penghargaan serupa.

Nampak hadir dalam acara tersebut Menhub Budi Mulya, Mentri Pariwisata Arif Yahya, puluhan kepala daerah,  anggota DPR RI, pengurus DPP, DPW dan DPC.

Hasto menjelaskan, melestarikan warisan nenek moyang tidak hanya adat istiadat dan budaya, namun semua hal termasuk kuliner atau masakan asli Indonesia. Untuk itu, kata dia,  DPP PDI P menggelar acara Pesona Kuliner Nusantara yang diikuti oleh ratusan kota dan kabupaten se Indonesia.

Sekjen DPP PDI P Hasto Kristianto dalam sambutannya mengatakan, melestarikan makanan atau masakan tradisional merupakan salah satu bentuk wujud cinta tanah air dan rasa nasionalisme yang tinggi.

“Hal ini sesuai dengan cita cita Bung Karno yang menginginkan bangsa Indonesia melestarikan masakan atau kuliner asli nusantata,” ujarnya.

Bahkan lanjut Hasto Bung Karno sampai menyusun buku yang berjudul Mustika Rasa yang merupakan kumpulan resep masakan makanan asli Nusantara dengan memiliki 1132 halaman yang dikerjakan selama kurang lebih tiga ratus hari.

“Untuk itulah kita sebagai generasi penerus harus dapat mempertahankan kuliner masakan asli Nusantara tersebut,” katanya.

Hasto berharap agar kepala daerah dapat melestarikan kuliner asli di masing masing daerah. Tujuannya turut mengangkat kesejahteraan masyarakat,  menunjang pariwisata, dan juga menjadi masukan bagi PAD.

Sementara itu, Bupati Jember dr Hj Faida MMR menjelaskan, Jember punya potensi pariwisata dan kuliner yang cukup banyak. Untuk itu perlu dipromosikan secara simultan agar lebih banyak dikenal. Menurut Faida, Jember sudah dinobatkan sebagai kota karnaval, maka harus ditunjang wisata kuliner. “Wisata kuliner ini akan mendukung kemajuan sektor pariwisata,” paparnya.

Bahkan nantinya akan dibuatkan katalof khusus menyangkut produk lokal dan berbagai menu makanan dan kuliner yang ada di Jember. (ksn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here