KREASINDONEWS – Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda. Ya, seperti halnya metamorfosis, sebuah telur yang menetas menjadi ulat, menjadi kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu cantik, lahirnya Saudagar Kampus bukanlah sebuah proses instan yang mudah. Dari awal mereka mengenal bagaimana dunia kewirausahaan tersebut, mereka(para pemuda SMA dan kuliah) mendapat pendampingan yang terus menerus dari mentor NGD (New Generation Development) Programme, Esti Nalurani,S.Sos.,CEC.,CHt. yang aktab dipanggil Cici.

Penulis buku NGD From Campuss To Business ini rajin bahu membahu bersama BPC HIPMI Jember untuk makin memantapkan proses lahirnya para Saudagar Kampus di kota Jember khususnya. Dan Jumat, 23 Februari 2018 kemarin, Cici dan HIPMI Jember mulai melakukan edukasi entrepreneurship tersebut ke bangku SMA. Mereka mengunjungi SMAN 4 Jember dan SMAN Rambipuji sebagai inisiasi gerakan ini.

“Harapannya nanti gerakan sederhana ini akan menjadi awalan para pemuda di SMA Jember agar lebih mempunyai jiwa kewirausahaan secara dini lebih tertata dan terlatih. Dan pada puncaknya kami berharap mereka bisa hadir dan berpartisipasi, berkumpul dengan 1000 pemuda dalam acara Festival Saudagar Kampus Jember 2018 di Gedung Sutarjo Unej 18 Maret 2018 besok. Agar langkah mereka lebih mantap lagi dalam berwirausaha.” Ujar Agusta Jaka Ketua Umum BPC HIPMI Jember.

“New Generation Development Programme ini bukan merk dagang, bukan juga sebuah perusahaan. NGD adalah program proses seperti hal nya metamorfosis. NGD adalah proses pengembangan generasi penerus Indonesia agar mereka memiliki daya juang dan jiwa entrepreneurship dan profesional lebih mantap.” Demikian dijelaskan oleh Cici sebagai Founder sekaligus mentor NGD para Saudagar Kampus. “Ini program bersama, tak bisa dilakukan sendirian. Saya sangat berterimakasih pda HIPMI Jember yang selalu support pada proses NGD ini.” Lanjutnya sambil menunjuk bangga pada rekan-rekan HIPMI Jember.

“Semoga acara seperti ini berkelanjutan ya, agar lebih berasa dampaknya bagi siswa.” Demikian harapan dari Bu Marni Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 4 Jember. “Siswa-siswa sangat senang dengan acara tadi mas, mereka banyak yang termotivasi dan bersemangat ingin menjadi wirausaha.” Kata bu Husnul yang kemarin mendampingi para siswa kelas X SMA Negeri Rambipuji. Semoga program semacam ini bisa terus berkembang dan berjalan secara konkrit, agar lebih banyak lagi pemuda yang mendapatkan edukasi dan pendampingan dalam meraih masa depannya. Dan semoga semakin banyak lagi pihak yang berkenan bergabung menjalankan program ini, demi mengurangi angka pengangguran berijazah dan memperbaiki masa depan generasi penerus Indonesia kita tercinta. (KSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here